Kilas Wisata Sanggau

Posted: Juni 8, 2009 in Sanggau



Pesona Wisata Alam Pancur Aji

Air terjun Kabupaten Sanggau terletak ditengah – tengah Propinsi Kalimantan Barat memiliki luas wilayah 12.857 Km atau 12.47% dari luas seluruh Propinsi Kalimantan Barat. Sehingga Kabupaten Sanggau memiliki banyak potensi wisata, terutama wisata alam dengan beragam tumbuhan, satwa liar dan jutaan rahasia lainnya.

Salah satu tempat wisata alam yang menjadi kebanggaan Kabupaten Sanggau adalah kawasan wisata Panjur Aji. Terletak tidak jauh dari pusat kota Sanggau kawasan wisata Panjur Aji menawarkan wisata alam dengan kawasan hutan lindung yang banyak terdapat flora langka seperti Kayu Tengkawang, taman anggrek, Kebun binatang seperti orang utan, buaya, aneka burung termasuk burung enggang khas Kalimantan.

Panjur Aji juga menawarkan wisata pesona air pegunungan seperti sungai Merobu, Engkuli, bayu, Kenian, Setapang, Mongan dan Sungai Mawang. Arus sungai yang cukup deras merupakan salah satu tantang yang menarik untuk dijelajahi.

Objek wisata Pancur Aji terdapat beberpa lokasi wisata diantaranya keindahan alam, keaslian hutan yang menawarkan kesegaran alami.

Sumber air panas Sipatn Lotup

Menyusuri sungai Sekayam menuju kearah Kecamatan Jangkang terdapat sumber mata air panas yang oleh masyarakat sekitar disebur Sipatn Lorup. Jarak tempuh dari Kota Kecamatan Jangkang kurang lebih 8 Km, yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat. Tempat penampungan air panas Sipatn Lotup sudah dikenal masyarakat Kabupaten Sanggau secara luas dan dapat digunakan sebagai media pengobatan kesehatan.

Wisata sumber air panas Sipatn Lotup dapat di tempuh melalui jalur Sanggau – Kembayan – Jangkang dengan jarak tempuh kurang lebih 168 Km dari Pusat Kota Kabupaten Sanggau. Sedangkan melalui jalur Sanggau – Mukok – Jangkang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 70 Km.

Jalur transportasi dapat dilalui dengan kendaraan roda Empat dan Roda dua. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam perjalanan maka pesona kawasan wisata Sumber air panas dapat dinikmati dengan kesegaran alami.

Goa Tang Raya di Kecamatan Beduai

Terletak kurang lebih 100 Km dari kota Kabupaten Sanggau, terdapat Goa Tang Raya di Kecamatan Beduai dengan panorama yang luar biasa. Goa Tang Raya denganrelief bebatuan yang masih alami. Panjang Goa Tang Raya sepanjang kurang lebih 100 m masuk kedalam perut Goa dengan pemandangan relief bebatuan yang menarik.

Dari Kota Kecamatan Beduai hanya berjarak kurang lebih 5 Km yang dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda dua maupun empat. menurut kepercayaan lama masyarakat setempat, dahulu kala Goa Tang raya merupakan tempat suci dimana sering dilakukan upacara adapt untuk menghormati leluhur mereka.

Namun pengelolaan Goa Tang Raya hingga saat ini belum optimal diupayakan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Goa Tang raya juga merupakan salah symbol kekayaan budaya Dayak, dimana di Goa Tang raya yang pada jaman dahulu sering dilakukan upacara adapt sebagai symbol syukur ke[ada sang Khalik.

Riam macan Goa Maria

RiamSalah satu tempat wisata rohani di Kabupaten Sanggau terdapat di Riam macan Goa maria. Wisata air terjun dengan ketinggian mencapai 20 meter, Goa yang terdapat patung Bunda Maria yang dijadikan symbol tempat wisata rohani sering dikunjungi warga untuk menikmati keindahan alam dan sejuknya air pegunungan.

Sungai dengan batu – batu besar menambah apik pemandangan mata dibawah pohon – pohon besar. Sebelum mencapai sumber air terjun wisatawan dapat menikmati perjalanan kaki menuruni anak tangga yang cukup melelahkan. Namun pastinya sangat baik untuk kesehatan, karena riam macan goa Maria merupakan tempat wisata rohani yang dapat menyegarkan dan dapat menyejukkan iman

Terima kasih, info lanjutan085252615026

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s