Pantai Pulau Datok

Posted: Januari 21, 2009 in ketapang


Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok adalah salah satu taman wisata alam yang ramai dikunjungi. Pada saat liburan kawasan ini tergolong ramai bahkan dapat disebut sebagai tempat wisata nomor satu yang banyak pengunjungnya. Tiap tahun wisata pantai ini menyedot ribuan pengunjung yang datang dari berbagai kecamatan di Wilayah Kabupaten Ketapang.

Pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) ini memiliki panorama alam yang indah. Perpaduan antara pantai dan bukit, serta teluk merupakan tempat yang ideal untuk pariwisata. Letaknya juga tidak begitu jauh, hanya 86 Km dari Kota Ketapang. Jalan menuju pantai ini relatif baik, sehingga dapat dilalui oleh kendaraan umum, sepeda motor bahkan juga melalui kendaraan air. Bila anda dari kota Pontianak dapat menuju kawasan ini menggunakan speed boat dari “Rasau Jaya” ke Telok Melano, baru kemudian menggantinya dengan perjalanan darat sekitar 30 Km. Speed Boat ini tersedia setiap hari dengan tarif 50-60 ribu rupiah, tiap jam 9 dan jam 11 dari pelabuhan Speed Rasau jaya. Selain itu juga dapat melalui Kota Ketapang dengan menggunakan Pesawat udara 56 menit atau kapal cepat ekpres 6 jam menuju kota Ketapang. Baru dilanjutkan ke Sukadana yang dapat ditempuh dengan waktu 2 jam. Perjalanan ke daerah ini akan melalui desa-desa disepanjang pantai Kota Ketapang.

Bulan Desember sampai Januari merupakan saat yang tepat bagi para pelancong untuk mengunjungi kota tertua di Kalbar ini. Karena pada bulan tersebut daerah ini sedang panen durian. Tiap panen besar dihasilkan 200- 400 ton dodol durian asal daerah ini. Durian asli dari daerah ini mempunyai aneka corak dan ragam rasanya. Selain itu keanekaragaman varitasnya (Variant) juga banyak, sehingga cocok untuk para ilmuawan yang akan meneliti buah durian di kawasan ini. Tak hanya durian, monyet, hewan dan orang hutan (Pongo pygmeus) pada saat panen durian juga datang ke kebun kebun buah pada siang hari, sehingga saat ini juga merupakan saat yang tepat untuk meneliti perilaku satwa orang hutan.

Untuk mendukung pelancong ke daerah ini pemerintah juga telah memperbaiki sarana jalan dan fasilitas pendukung lainnya. Juga penginapan berupa Home stay yang dikelola oleh masyarakat juga merupakan rencana yang akan dikembangkan pemerintah. Dengan adanya Home stay ini partisipasi masyarakat akan muncul, sehingga merupakan pendapatan baru bagi mereka. Selain wisata pantai, eco tourism juga mempunyai prospek di daerah ini.

Pantai di Kecamatan Sukadana ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Palung. Kenekargaman hayati (biodiversiti) di kawasan ini juga terkenal di seluruh dunia.

Terima kasih, info lanjutan085252615026

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s